Posted by : Fadhlan Ruchiatna Senin, 03 Maret 2014



Xilink ( Xilink Foundation Series)  adalah suatu perangkat lunak yang berguna untuk merancang dan mensimulasikan suatu rangkaian digital. Dengan menggunakan Xilink proses perancangan suatu alat atau  rangkaian digital melalui proses simulasi rangkaian yang telah dirancang untuk melihat apakah rancangan yang telah dibuat sudah benar atau masih mengandung kesalahan.
Proses perancangan menggunakan simulator Xilinx secara umum dapat dibagi menjadi 3 bagian yaitu pertama perancangan rangkaian, kemudian verifikasi hasil rancangan dan proses yang ketiga implementasi rancangan.
Perancangan rangkaian pada dasarnya terdiri dari 2 mode yaitu  schematic  dan Hardware Description Language (HDL). HDL merupakan bahasa pemrograman seperti VHDL, Verilog dan ABEL. Pada Schematic flow mode dimungkinkan untuk merancang rangkaian yang terdiri dari top-level schematic atau file top-level ABEL, yang terdiri dari schematic diagram, state machine macro,  macro HDL (ABEL, VHDL atau Verilog), LogiBLOX, Modul generator CORE.
Implementasi rancangan pada xilinx dengan meng-compile file rancangan menjadi file konfigurasi yang telah dioptimalisasi dari penggunaan gerbang logika dan interkoneksi (wiring) antar komponen. Kedua peralatan tersebut juga  dapat diprogram dalam sistem dengan menghubungkan JTAG atau kabel Xchecker  ke peralatan pin yang telah di program.
Verifikasi rancangan termasuk didalamnya  functional simulation, testing rangkaian,  dan   timing simulation. Functional simulation dapat dilakukan setelah menggambar rancangan pada schematic editor untuk memverifikasi kebenaran rangkaian. Akan tetapi  functional simulation   tidak menyediakan  timing  information seperti delay,  race condition, set-up  dan hold-time violations. Informasi ini diperoleh dari static timing simulator dan dilakukan setelah rancangan di-compile.  
Dalam Artikel ini, kita akan membahas Proses perancangan Counter yang mengulang sekuens.
Counter Digital merupakan rangkaian logika  pengurut, karena  counter membutuhkan karakteristik memori, dan pewaktu memegang peranan yang penting. Counter dapat digunakan untuk menghitung banyaknya  clock-pulsa dalam waktu yang tersedia (pengukuran frekuensi),  Counter juga dapat digunakan untuk membagi frekuensi dan menyimpan data.
Proses perancangan Counter yang mengulang sekuens  : 0, 1, 2, 3, 4, 5 . . . . . .  menggunakan simulator Xilinx secara umum terbagi atas 6 cara, yaitu:
Langkah 1 : Membuat state diagram :


Langkah 2 : menentukan tabel kebenaran berdasarkan state diagram diatas 


Langkah 3 : memetakan tabel kebenaran ke dalam peta karnaugh


Langkah 4 : menggambarkan persamaan rangkaian digital pada schematic editor


Langkah 5 : simulasi hasil rangkaian


Langkah 6 : analisa hasil rangkaian

Dari gambar pada langka 5 dapat dilihat  bahwa counter yang telah dirancang dengan benar karena outputnya berupa sekuens :    0, 1, 2, 3, 4, 5

Leave a Reply

Subscribe to Posts | Subscribe to Comments

Welcome to My Blog

Popular Post

Blogger templates

Total Tayangan Halaman

Diberdayakan oleh Blogger.

Pages - Menu

Pengikut

Mengenai Saya

Foto saya
Sumbawa besar, Sumbawa, Indonesia

Blogger templates

- Copyright © FrOst Blog's -Robotic Notes- Powered by Blogger - Designed by Johanes Djogan -