Posted by : Fadhlan Ruchiatna Kamis, 11 Desember 2014

1. LAZADA.CO.ID

Lazada.co.id merupakan salah satu situs belanja online yang popular di Indonesia. Sebagai toko online, lazada.co.id menjual berbagai macam produk yang dibagi ke dalam berbagai macam kategori yang berfungsi untuk memudahkan user dalam melakukan pemilihan dan pembelian produk.
Analisis desain :

1.1.1. Layout

Berikut adalah tampilan utama dari lazada.co.id


Dapat dilihat bahwa desain dari lazada.co.id tertata dengan baik. Pada bagian kiri merupakan kategori dari produk yang dijual. Dan barang-barang sesuai kategori yang dipilih user akan dimunculkan pada bagian tengah sehingga user akan lebih terfokus kepada barang-barang tersebut. Pada bagian kanan merupakan menu informasi dan tips tentang berbelanja di situs tersebut.

1.1.3. Design

Tampilan desain dari situs lazada.co.id ini sederhana. Penggunaan warna latar putih tidak mengganggu user dalam melihat content yang ditampilkan. Walaupun terlihat penuh namun penataannya tersusun dengan rapi sehingga user dapat melihat dan menikmati dengan nyaman.




2. OLX.CO.ID



OLX kadang disebut Toko Bagus adalah sebuah situs iklan baris yang berfokus kepada aktifitas jual beli di Indonesia. Semua iklan yang ada di situs ini dibuat oleh penggunanya sendiri, baik yang menjual maupun mencari barang. Situs ini dikelola oleh perusahaan bernama PT Tokobagus.
Dalam banyak kasus, sebuah BISNIS  ONLINE bisa bertahan tidak hanya mengandalkan kekuatan produk saja, tapi dengan adanya tim manajemen yang handal, pengiriman yang tepat waktu, pelayanan yang bagus, struktur organisasi bisnis yang baik, jaringan infrastruktur dan keamanan, desain situs web yang bagus, beberapa faktor yang termasuk:
  • Menyediakan harga kompetitif.
  • Menyediakan jasa pembelian yang tanggap, cepat, dan ramah.
  • Menyediakan informasi barang dan jasa yang lengkap dan jelas.
  • Menyediakan banyak bonus seperti kupon, penawaran istimewa, dan diskon.
  • Memberikan perhatian khusus seperti usulan pembelian.
  •    Menyediakan rasa komunitas untuk berdiskusi, masukan dari pelanggan,dan lain-
lain.
Analisa Desain Web TokoBagus.com
  • Accessibility
  • Esthetically Pleasing
  • Availability
  • Clarity
  • Compatibility
  • Configurability
  • Consistency
  • Control
  • Directness
  • Efficiency
  • Familiarity
  • Flexibility
  • Forgiveness
  • Immersion
  • Obviousness
  • Operability
  • Perceptibility
  • Predictability
  • Recovery
  • Responsiveness
  • Safety



3. BERNIAGA.COM

Berniaga.com merupakan salah satu situs penyedia layanan jual dan beli. Semua iklan yang ada di situs ini dibuat oleh penggunanya sendiri, baik yang menjual maupun mencaribarang.Berniaga.com kini telah menjadi situs jual beli online terpopuler di Indonesia. Dengan jumlah pengunjung yang cukup banyak setiap harinya, menjadikan berniaga.com sebagai situs penyedia layanan jual dan beli yang dipercaya.
Analisa design web Berniaga.com :
Penempatan menu sudah sangat baik. Menu berada di bagian kanan atas, samping kiri dan bawah. Perpaduan warnanya begitu bagus dan tidak terlalu berlebihan. sehingga kalau dilihat dari segi estetika terlihat sangat elegan.Website berniaga.com ini jika dilihat dari segi aspek availability sudah terpenuhi. Hal ini dapat dilihat dari tampilan utamanya yang menyediakan banyak menu, kolom pencarian dan penggolongan objek berdasarkan kategori, sehingga lebih memudahkan pengunjung untuk menemukan barang yang ingin dicari.Website ini sudah cukup memenuhi criteria tersebut. Contohnya terdapat pada setiap iklan yang dipasang diberniaga.com memiliki deskripsi tentang spesifikasi pada produk tersebut. Sehingga spesifikasi produk-produk yang diposting di berniaga.com dapat terlihat dengan jelas.Dari segi aspek configurability  website berniaga.com bersifat semi dynamic, artinya user dapat menentukan dan memodifikasi sendiri tentang iklan yang akan diposting, tetapi tidak dapat melakukan konfigurasi penuh terhadap website tersebut dan sesuai dengan aturan yang berlaku diberniaga.com.Dilihat dari segi tampilannya, website ini sangat konsisten. Terbukti dari design tampilan dan perpaduan warna yang sama di hampir semua bagian menu. Kemudian penggunaan warna yang sesuai dan proporsional serta tidak berlebihan.

4.      BHINNEKA.COM

Bhinneka.com adalah situs penyedia jasa e-commerce. Bhinneka.com adalah toko online seperti menjual berbagai macam laptop. Notebook baru bergaransi resmi, sehingga Anda dapat dengan nyaman membeli di tempat kami. Terdaftar dengan status premiere business partner untuk beberapa vendor merk notebook terkenal di dunia seperti HP, Lenovo, serta Asus, memberikan jaminan bahwa informasi produk dan harga notebook di Bhinneka up-to-date, murah, dan bersaing, tanpa melupakan kualitas dan layanan purna jual.
Bhinneka.com menjual Berbagai kebutuhan  akan sebuah laptop bisa didapatkan dengan berbelanja di sini, mulai dari design (desain), game (permainan), multimedia, internet, ataupun office works (urusan kantor). Beli laptop di Bhinneka.Com juga akan memberikan beragam keuntungan lainnya, karena seringnya melakukan promo, diskon, dan paket murah lainnya. Selain itu, bhinneka juga menyediakan fasilitas kredit (cicil) untuk laptop melalui BCA dengan bunga 0%.


5.      DETIK.COM

Detikcom ialah sebuah portal web yang berisi berita aktual dan artikel online di Indonesia. Detikcom merupakan salah satu situs berita terpopuler di Indonesia. Berbeda dari situs-situs berita berbahasa Indonesia lainnya, detikcom hanya mempunyai edisi online dan menggantungkan pendapatan dari bidang iklan. Meskipun begitu, detikcom merupakan yang terdepan dalam hal berita-berita baru (breaking news).
Server detikcom sebenarnya sudah siap diakses pada 30 Mei 1998, namun mulai online dengan sajian lengkap pada 9 Juli 1998. Tanggal 9 Juli itu akhirnya ditetapkan sebagai hari lahir Detikcom yang didirikan Budiono Darsono (eks wartawan DeTik), Yayan Sopyan (eks wartawan DeTik), Abdul Rahman (mantan wartawan Tempo), dan Didi Nugrahadi. Semula peliputan utama detikcom terfokus pada berita politik, ekonomi, dan teknologi informasi. Baru setelah situasi politik mulai reda dan ekonomi mulai membaik, detikcom memutuskan untuk juga melampirkan berita hiburan, dan olahraga.
Dari situlah kemudian tercetus keinginan membentuk detikcom yang update-nya tidak lagi menggunakan karakteristik media cetak yang harian, mingguan, bulanan. Yang dijual detikcom adalah breaking news. Dengan bertumpu pada vivid description macam ini detikcom melesat sebagai situs informasi digital paling populer di kalangan users internet.





Leave a Reply

Subscribe to Posts | Subscribe to Comments

Welcome to My Blog

Popular Post

Blogger templates

Total Tayangan Halaman

Diberdayakan oleh Blogger.

Pages - Menu

Pengikut

Mengenai Saya

Foto saya
Sumbawa besar, Sumbawa, Indonesia

Blogger templates

- Copyright © FrOst Blog's -Robotic Notes- Powered by Blogger - Designed by Johanes Djogan -